Kamis, 30 April 2015

Macam-macam jaringan Internet

Berikut ini beberapa jenis jaringan internet yang sering kita jumpai pada pelajaran TIK yaitu :

1. LAN ( Local Area Network) Adalah sebuah jaringan yang jangkauan nya hanya 100 meter saja, biasanya terdapat dalam sebuah gedung atau kampus bisa dikatana jug jaringan milik pribadi.

2.  MAN ( Metropolitan Area Network ) Kalau jenis yang ini satu tingkat lebih luas dari jaringan jenis LAN, jagkauannya mencapai 10-50 km atau bisa dikatakan jangkauan nya bisa mencapai satu kota, misal seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya yang berada di suatu kota dengan mengunakan jaringan MAN ini bisa saling berhubungan.

3. WAN ( Wide Area Network ) Jenis jaringan ini yang jangkauan jaringan nya paling luas dari jenis LAN dan MAN, yang mana jangkaun WAN ini bisa mencakup satu negara atau bahkan satu benua dengan melewati batas geografis negara dan milik umum.

4. INTERNET (Interconnection Networking) Internet disebut juga jaringan komputer yang memiliki jangkauan hingga  menjangkau keseluruh pelosok dunia . Atau bisa dikatakan suatu jaringan dalam jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan berjuta komputer didunia. Jaringan ini adalah yang paling powerfull dalam hal pertukaran data karena kecepatannya bisa sangat tinggi. Jaringan ini seringkali dimanfaatkan untuk berbagi informasi secara global yang meliputi pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain-lain.

5. WIRELESS ( Jaringan Tanpa Kabel ) Jaringan Wireless ( NIRKABEL), jaringan ini tidak  menggunakan kabel  seperti jenis jaringan yang lain dan jaringan ini merupakan jaringan yang paling praktis. Di mana di dalam pengoperasiannya hanya mengandalkan teknologi radio/frekuensi. - See more at: http://blogseobrilliant.blogspot.com/2014/01/macam-macam-jaringan-internet.html#sthash.o7dacUrw.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar